Minggu,9 April 2017 17:30 WIB

Penulis: otomotifnet

Hasil Lengkap Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS & All New Soul GT AKS SSS, Kaya Fitur Unggulan!

Halaman 1 dari 3

Foto: Salim/otomotifnet

Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Dan All New Soul GT AKS SSS

Jakarta - Duo skutik Yamaha yang dibekali fitur Advance Key System (AKS) dan Stop & Start System (SSS), yaitu Mio M3 125 AKS SSS dan All New Soul GT AKS SSS diperkenalkan awal November 2016 silam. Dan setelah menunggu sekian lama, akhirnya OTOMOTIF mendapatkan unit tesnya.

Paling bikin penasaran tentu ingin merasakan kinerja dari SSS, karena ada quick start dan masih menggunakan dinamo biasa bukan SMG (Smart Motor Generator) seperti Aerox 155 VVA.  

Seperti apa sih? Yuk mari kita kupas! Tim OTOMOTIF

Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Dan All New Soul GT AKS SSS
Yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Desain

Desain Mio M3 125 keren meski terbilang kecil, berkesan sporti dengan bentuk bodi yang serba meruncing dengan lekuk bodi dinamis, apalagi ada aero fairing di sayapnya. Kombinasi warna matte, dan beberapa shibo pattern bergaya karbon di beberapa bodi bagian dalam membuat tampilan semakin 'kece'.

Sementara All New Soul GT tampak lebih macho dengan desain yang tampak kekar dan berkesan robotik, seperti melihat tampang Autobot Transformer ya? Balutan warna doffnya memberikan kesan mewah.

Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Dan All New Soul GT AKS SSS
All New Soul GT AKS SSS

Fitur & Teknologi

Kedua motor ini dibekali fitur mirip. Seperti spidometernya masih pakai jarum analog. Imbuhannya info lampu-lampu dan yang baru tentu ada lampu ECO indicator dan lampu logo SSS, huruf A dikasih lingkaran dengan ujung anak panah.

Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Dan All New Soul GT AKS SSS
Spidometer Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS

Lampu ECO indicator akan menyala ketika berkendara secara santai, membuka gas secara halus sehingga bisa memandu untuk hemat bahan bakar. Sedangkan lampu SSS akan menyala ketika saklarnya sudah diaktifkan dan sistem SSS siap bekerja, kerja SSS akan mematikan mesin jika berhenti selama 5 detik diiringi lampu berkedip. Untuk menghidupkan kembali cukup memutar gas.

Test Ride Yamaha Mio M3 125 AKS SSS Dan All New Soul GT AKS SSS
Spidometer All New Soul GT AKS SSS

Ada juga Advance Key System (AKS) yang berfungsi untuk Answer Back System dan Auto Open Key Shutter, dimana pengaman magnet bisa membuka sendiri hanya dengan menekan dan menahan tombol pada anak kunci. Tak hanya otomatis membuka, tapi juga ada lampunya yang memudahkan saat di tempat gelap.
 
Fitur lainnya adalah Smart Lock System, yaitu pengunci handel rem belakang dan Smart Side Stand Switch sebagai pengaman jika pengendara lupa menaikkan side stand.

Bagasi di bawah jok Mio M3 125 punya kapasitas 10,1 liter, sedang All New Soul GT 14 liter. Lumayan luas namun tidak terlalu dalam. Konsol di dek depan cukup dalam, sehingga pas untuk menaruh botol minum 600 ml tanpa takut terlempar saat melewati jalan bergelombang, justru yang sisi kanan kontak sangat kecil. Buat naruh apa ya?

All New Soul GT dibekali ban lebar. Depan pakai ukuran 80/80-14 membalut pelek 1.60x14 dan belakang 100/70-14 ketemu pelek 2.50x14. Sedang Mio M3 ukuran bannya mungil. Dari sisi teknologi mesin, kedua skutik andalan Yamaha ini telah menggunakan sistem injeksi. Yang beda adalah pada kinerja SSS, yang mana ada teknologi quick start. Waktu untuk menyalakan mesin hanya 0,4 detik, normalnya 0,8 detik.

 

Halaman 1 2 3

EDITOR

Dimas Pradopo

TERPOPULER

Top