Jumat,23 Nov 2012 13:06 WIB

Penulis: Agus Sulis

Kejurnas Motoprix Region 2 seri 8 Malang, Sepi Di Akhir Seri

Foto: Domas

Kejurnas Motoprix Region 2 seri 8 Malang, Sepi Di Akhir Seri


Ada yang tidak biasa di even Motorprix region 2 seri 8 yang merupakan seri pamungkas yang di helat di Stadion Kanjuruhan Malang Jawa Timur (18/11). Yaitu minimnya peserta yang mengikuti event skala nasional ini. Bahkan tidak lebih dari 70 peserta. Motoprix (MP) benar-benar sepi diakhir seri

HANYA PEMBALAP JATIM

Bisa dibayangkan sepinya event MP kali ini. Karena memang tim-tim besar yang datang untuk mengikuti event ini hanya ada 2. Yaitu Honda MPM Aries Putra NHK Federal Oil dan Honda Jeany JHOO. Sedangkan tim MP lainnya sengaja tidak ikut di final MP.

Otomatis MP Malang ini lebih mirip balap kejurda Jatim. Karena mayoritas hanya diikuti oleh pembalap-pembalap dan tim balap dari Jatim sendiri.

Makanya tidak heran kalau kelas MP1 hanya diikuti oleh 6 starter, MP2 7 starter, MP3 9 starter dan MP4 14 starter. Padahal sebagian pembalap Jatim justru ingin belajar dari pembalap-pembalap papan atas nasional di event kali ini. “Jadi mirip kejurda, padahal pengin bersaing dengan pembalap nasional,” jelas Ahmad Fauzy, pembalap dari tim Kheevalindo.

Senada dengan Juni AS, pembalap Dari tim Honda MPM Aries Putra NHK Federal Oil. “Balap kali ini beban mental. Kalau menang malu karena peserta sangat sedikit. Kalah lebih malu lagi,” sindirnya.

Awalnya MP bakal sepi peserta ini memang sudah terlihat sejak gelaran Motoprix (MP) region 2 seri 3 di Surabaya beberapa waktu lalu. Isu santer munculnya seri 8 di Malang sebagai tambahan seri MP membuat kaget tim-tim balap. Pasalnya, sejak diawal tahun 2012 jumlah seri MP yang tertera dan disetujui oleh para sponsor di perjanjian kontrak tim balap hanya berjumlah 7 seri.

Karena kejadian ini Bambang Kapten Haribowo selaku promoter dari BOLS Automotive akan mengusulkan ke PP IMI untuk member sangsi kepada pembalap-pembalap MP yang tidak ikut seri 8 ini. “Usulannya berupa pemcabutan KIS, hingga pengurangan poin MP. Untuk pembalap Jatim yang aktif di event MP tapi tidak mengikuti seri 8 ini tidak bisa mengikuti seri final kejurda Jatim,” jelas Bambang.

Bambang Suryadi, pengawas lomba dari PP IMI menanggapi soal pernyataan dari BK soal usulannya ke PP IMI. “Sah-sah saja melakukan usulan seperti itu. Toh hanya sekedar usulan. Belum tentu juga disetujui kan. Bisa juga usulannya ditolak karena pasalnya tidak jelas,” jelasnya.

Johanes Cokrodiharjo, selaku pihak sponsor helm NHK menambahkan. “Tahun depan akan ditambahkan pasal baru dikontrak NHK dengan pembalap yang mengharuskan pembalap untuk ikut total seri kejurnas. Ada penalti jika tidak ikut,” ucapnya. (otosport.co.id)

Hasil Balap
Kelas MP1
1. Juni AS
2. Ahmad Fauzi
3. Tommy Salim

Kelas MP2
1. Juni As
2. Ahmad Fauzi
3. Ipunk Kancil

Kelas MP3
1. Rendy Yusri
2. Ervantona Zirof
3. Tommy Salim

Kelas MP4
1. Ervatona Zirof
2. Tommy SAlim
3. Rendy Yusri

Kelas MP5
1. M. Muhajirin
2. Ayub Pratama
3. M Virjhon Siyasi

Kelas MP6
1. M Muhajirin
2. Ayub Pratama
3. M Virjhon Siyasi

Kelas MP7
1. Ipunk KAncil
2. Aries
3. Checa Erza

EDITOR

fauzi

Top