Jumat, 25 April 2014 01:20 WIB

LAST UPDATE

Persiapan PON Riau

Senin, 22 November 2010 09:00 WIB

Sirkuit PON Riau Cabang Balap Motor Dibuat Knock Down


Penulis : Iday - Foto : Istimewa

OTOMOTIFNET - Ada kabar gembira bagi penggemar balap motor Tanah Air, khususnya para pembalap Sumatera. Pasalnya provinsi Riau bakal punya sirkuit balap motor baru yang lokasi persisnya ada di Kabupaten Kampar, Kota Bangkinang, Riau. Rencana dibangun untuk gelaran balap motor di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2012.

Hanya saja jangan samakan sirkuit ini dengan arena balap pasar senggol di jalan raya atau sirkuit permanen kayak di Subang, Jabar. Karena sirkuit baru ini lebih cocok disebut sirkuit knock down. Lo?

Di Rancang Sejak Awal

Yang dimaksud, bukan tempat duduknya yang knock down alias bisa dibongkar pasang kayak tribun gelaran drift. Tapi ini benar-benar treknya yang dirancang sejak awal bisa dipakai untuk berbagai keperluan. Maklum, sirkuit ini ada di area kantor pemerintahan Kabupaten Kampar. “Ini termasuk street circuit, tapi bukan jalan raya seperti yang biasa dipakai,” terang Irawan Sucahyono, kadep olahraga PP IMI.

Sirkuit yang terletak sekitar 60 kilometer dari Pekanbaru ini dirancang sepanjang 1,2 kilometer, memanfaatkan area parkir alun-alun dan gedung olahraga (GOR). Sehingga sehari-hari area ini dipakai untuk parkir dan keperluan lain, namun sewaktu-waktu bisa dipakai hajatan balap motor. “Fungsinya bisa parkiran dan alun-alun. Enggak full sirkuit,” lanjutnya.

Hingga sekarang, denah sirkuit baru berupa gambar preliminary design yang modelnya tersimpan di laci Irawan. Namun ini masih bisa berubah, karena desainnya sendiri baru jadi akhir November ini. Yang perlu ditekankan, ini bukan area parkir yang disulap jadi sirkuit, melainkan sudah sejak awal diplot sebagai arena balap.  

Alun-alun dan GOR saat ini sudah ada, tinggal area parkir yang bisa dipakai balap ini baru mulai digarap Desember. Catat, itu baru pembuatan area parkir, belum pembangunan sirkuitnya. Pembangunan sirkuit sendiri diperkirakan memakan waktu sekitar 4-5 bulan dan ditargetkan akhir 2011 sudah selesai. Namun Irawan mengungkapkan, belum ada angka pasti berapa jumlah uang yang dibutuhkan. Hanya disebutkan, biaya pembuatan sirkuit menggunakan anggaran 2011.

IMI dalam hal ini membuatkan lay out. Sesuai rencana, arena pacu akan memiliki lebar trek 8 meter dan area start-finish akan punya lebar 10 meter. Untuk memakai sirkuit, nantinya ada bagian dari area sekitar GOR yang perlu ditutup.

Jelas, pembangunan sirkuit baru ini membuat pembalap Riau gembira. Sebut saja Faisal Rezha, pembalap asal Pekanbaru yang tahun ini naik kelas ke MP1 dan 2. Pasalnya, sama dengan banyak pembalap lain, ia hanya latihan kalau menjelang lomba. “Latihan enggak ada, pas balap aja tiap Sabtu,” aku Faisal yang sudah mendengar bakal ada sirkuit baru di provinsinya.

Untungnya, event yang harus diikuti rider tim Suzuki BMC Riau ini cukup banyak. Sebab hampir tiap minggu ia ikut balapan di berbagai daerah sehingga bisa mempertahankan riding skill-nya. Namun begitu, tetap saja ia merasa butuh latihan. “Sebenarnya butuh latihan, supaya lebih bagus (bawa motornya). Cuma sirkuitnya enggak ada,” ucap pembalap 21 tahun ini.   

Lantas, bagaimana bisa muncul ide bikin sirkuit ini di Kampar? Menurut ayah satu anak ini, awalnya balap motor ditolak oleh Riau, sebagai tuan rumah PON 2012, untuk masuk sebagai salah satu cabang olahraga yang dilombakan. “Karena pembangunan sirkuit biayanya sangat tinggi. Kemudian kita buat proposal ke Riau, sirkuit dikombinasi dengan fasilitas lingkungan lain sehingga bisa lebih murah”.

Tujuan proposal dimaksud yakni kepada PB PON yang diketuai Rusli Zainal, yang tak lain gubernur Riau. Dari situ, proposal disampaikan ke para bupati hingga muncullah permintaan dari bupati Kampar yang bersedia membangun sirkuit bersamaan dengan fasilitas lainnya itu tadi.

Asal jangan sudah dirancang dan dibuat, sirkuit lantas ditelantarkan begitu saja. Supaya awet, langkah terbaik untuk memeliharanya tak lain dengan menggelar event-event balap. Jangan mencontoh Sirkuit Skyland, Sekayu, Musi Banyuasin, Sumatera Selatan yang sekarang nasibnya merana dan tak terurus.


Tags : mobil bekas , motogp , f1 , motor bekas , tips motor , tips mobil , modifikasi , jip , otosport , otomotif , otomotifnet , otoshop , klub , komunitas , ototest , iklan baris , direktori , forum , road race , motocross , indoprix , motoprix , rally , wrc , wsbk , wss , drag , drag bike , drag race , supersport , formula 1 , gokart , drift , drifting , slalom , honda , yamaha , suzuki , kawasaki , toyota , daihatsu , mitsubishi , nissan ,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Highlight Rally Portugal 2014

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
MotoGP Argentina
  27 Apr 2014 Termas de Rio Hondo
MotoGP Spanyol
  04 Mei 2014 Jerez de la Frontera
F1 Spanyol
  11 Mei 2014 Catalunya
MotoGP Perancis
  18 Mei 2014 Le Mans
F1 Monaco
  25 Mei 2014 Monte Carlo
MotoGP Italia
  01 Jun 2014 Mugello
F1 Kanada
  08 Jun 2014 Montreal
MotoGP Catalunya
  15 Jun 2014 Barcelona-Catalunya

Forum Sport

Top