Jumat, 31 Oktober 2014 01:09 WIB

LAST UPDATE

Persiapan MotoGP 2012

Selasa, 21 Februari 2012 13:15 WIB

Ganti Gaya Balap, Target Dovi di Tes Resmi MotoGP Kedua


Penulis : Uda - Foto : MotoGP

Waktu pertama kali Andrea Dovizioso mengendarai motor Yamaha M1 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia tahun 2011 lalu, ia merasa tidak akan sulit beradaptasi dengan karakter motor tersebut. Namun ternyata hingga sekarang (terlepas dari cedera yang dialaminya), Dovi masih belum bisa menguasai motor tersebut dari beberapa aspek, termasuk gaya balap untuk Yamaha M1.

Tidak akan berbeda dengan komitmennya usai sesi tes resmi pertama akhir bulan lalu, di sesi tes kedua nanti pembalap asal Italia itu masih akan fokus pada adaptasi gaya balap untuk menaklukkan Yamaha M1. Menurutnya ada beberapa aspek yang harus dikembangkan Dovi, sehingga ia bisa lebih cepat.

“Ada perbedaan besar antara Honda dengan Yamaha, dalam arti karakter kedua motor sangat berbeda. Saya harus memperbaiki sisi pengereman, saat memasuki dan di pertengahan tikungan. Ini tidak mudah dan banyak yang harus saya sesuaikan, karena 4 tahun saya menggunakan motor Honda dan hanya ada satu cara mengendarai motor tersebut,” beber Dovi.

“Saat menggunakan motor Honda, anda harus memotong jalur balap, lalu menegakkan posisi motor usai menikung secepat mungkin. Beginilah cara mengendarai motor Honda agar bisa lebih cepat, tapi di Yamaha itu tidak berlaku. Di Yamaha, anda bisa melakukan pengereman lebih dekat ke tikungan, dan bisa meninggikan kecepatan di tikungan,” imbuh Dovi.

Selain itu hal lain yang ingin dipelajari Dovi adalah bagaimana sistem kontrol traksi bekerja di Yamaha M1. Semoga ada perkembangan yang lebih baik, sehingga lebih banyak pembalap yang bisa berebut podium. (otosport.co.id)

Tags : Andrea Dovizioso, Dovizioso, MotoGP 2012, Tech3 Yamaha, Tech3, Yamaha M1, Yamaha, M1, Adaptasi Yamah,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Pengalaman Pembalap Gunakan Federal Oil SuperRacing

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
F1 Amerika
  02 Nov 2014 Circuit of The Americas
MotoGP Valencia
  09 Nov 2014 Ricardo Tormo-Valencia
F1 Brazil
  09 Nov 2014 Interlagos
F1 Abu Dhabi
  23 Nov 2014 Yas Marina

Forum Sport

Top