Jumat, 22 Agustus 2014 13:55 WIB

LAST UPDATE

Persiapan MotoGP 2012

Minggu, 18 Maret 2012 12:36 WIB

Yamaha Siap Pasok Motor yang Sama, Meski Harga Lebih Murah


Penulis : Uda - Foto : Yamaha Factory Racing Srl

Kontroversial usulan Dorna Sports yang menginginkan tim pabrikan menjual motornya ke tim satelit tidak lebih dari 1 juta Euro mulai tahun 2013, memang sudah ditolak mentah-mentah dua tim pabrikan yang berlaga di MotoGP yaitu Honda dan Ducati. Namun bagi Yamaha, 1 unit motor prototipe yang dibatasi paling mahal 1 juta Euro, masih cukup masuk akal.

Bahkan pihak Yamaha berani memberikan jaminan bahwa mereka akan tetap memasok motor dengan teknologi yang sama, kepada tim satelit atau privatir jika pembatasan itu diberlakukan nantinya. Menurut Lin Jarvis sebagai managing director Yamaha Motosport, bahwa ini sangat mungkin mereka lakukan, tinggal mencari jalan tengah sebagai bentuk kompensasi dari harga murah tersebut.

“Rasanya harga 1 juta Euro untuk semusim adalah target yang sangat realistis. Tapi di level ini semua tim pabrikan sudah pasti akan melakukan pengorbanan dari sisi finansial. Artinya harus ada subsidi ke tim satelit, agar mereka mempunyai motor dengan teknologi sama dengan motor tim pabrikan,” jelas Jarvis.

“Dari semua tim pabrikan yang berlaga di MotoGP, hanya Yamaha yang menjual motor prototipe paling mendekati harga 1 juta Euro untuk semusimnya kepada tim satelit. Yamaha tinggal melakukan sedikit perubahan dan kesepakatan dengan tim satelit atau privatir, agar harga 1 juta Euro itu bisa masuk. Apakah sudah masuk tambahan komponen jika terjadi insiden, ataukah tidak,” imbuh pria asal Italia itu.

Selain menegaskan bahwa pihaknya siap memasok motor dengan harga 1 juta Euro ke tim satelit atau privatir, Yamaha juga menegaskan bahwa tim pabrikan lain bisa melakukan hal ini. Tentunya dengan berbagai macam kompensasi, dan pastinya harus ada sedikit subsidi kepada tim-tim privatir tersebut. (otosport.co.id)

Tags : Yamaha, Yamaha Factory Racing, Yamaha MotoGP, MotoGP, MotoGP 2012, Budget Cap, MotoGP 1 Juta Euro,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Pengalaman Pembalap Gunakan Federal Oil SuperRacing

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
F1 Belgia
  24 Ags 2014 Spa-Francorchamps
MotoGP Inggris
  31 Ags 2014 Silverstone
F1 Italia
  07 Sep 2014 Monza
MotoGP San Marino & Riviera di Rimini
  14 Sep 2014 Marco Simoncelli Misano
F1 Singapura
  21 Sep 2014 Marina Bay
MotoGP Aragon
  28 Sep 2014 Aragon
F1 Jepang
  05 Okt 2014 Suzuka
MotoGP Jepang
  12 Okt 2014 Motegi

Forum Sport

Top