Sabtu, 01 November 2014 02:51 WIB

LAST UPDATE

Balap Motor

Senin, 10 September 2012 09:29 WIB

Mekanik di Balap Mobil Ikutan ke Balap Motor?


Penulis : Ben - Foto : Tony P

Berkembangnya teknologi, lambat laun akan berimbas ke siapa pun di dunia ini. Termasuk kepada teknologi di kendaraan roda dua di Tanah Air. Sepeda motor saat ini sudah mulai menerapkan teknologi injeksi pada sistem penyalur bahan bakarnya. Tentu hal ini merupakan hal baru bagi mekanik balap motor, meski buat di mobil, teknologi injeksi sudah hampir seperempat abad malang melintang di mesinnya. Akankah mekanik balap mobil ikut terjun di dunia balap roda dua?

SISTEM SEDERHANA
Mesin injeksi memberikan kemudahan dan menyenangkan, seperti halnya arti sebuah teknologi. Segala sesuatunya dibuat lebih mudah dan tentu akan menyenangkan untuk penggunanya. Setting pun lebih mudah dilakukan, tentu bagi yang sudah mengerti.

Pada mobil, teknologi ini lebih dulu digunakan, baik untuk sehari-hari dan juga tentunya di dunia balap. Berbagai settingan dengan peranti-peranti elektronik maupun dengan software siap diterapkan untuk meningkatkan performa.

Seiring dengan pengaplikasian mesin injeksi di motor, tak jauh berbeda halnya yang akan dilakukan mekanik mobil dan motor pada tunggangannya yang akan ditingkatkan performanya. Apalagi, tentu motor akan lebih sederhana sistem injeksinya dibandingkan mobil.

Beberapa waktu lalu, mekanik mobil sudah mulai merambah ke motor, seperti Taqwa SS dari Garden Speed yang mulai mengilik-ngilik sistem elektronik di Honda CBR misalnya, lantas Ovi Sardjan dari Khatulistiwa Surya Nusa dan H Rio Teguh, sempat membuat proyek Yamaha Mio dengan sistem injeksi menggunakan Haltech.

"Kemungkinan besar memang, mekanik balap mobil ikut ke balap motor," terang Sugeng Budiarto, dari Divisi Racing PT Astra Honda Motor. Saat ini pun Benny Djati Utomo dari Star Motor, sudah merekrut mekanik yang biasa mengilik mobil drag race dalam tim tekniknya.

Tentu, tak melulu peranti dari mobil diaplikasikan, karena beberapa komponen untuk sistem injeksi motor sudah mulai dipasarkan di Tanah Air. Kita lihat saja, kiprah mekanik-mekanik tersebut, apakah mekanik motor akan disandingkan dengan mekanik mobil di balap kuda besi? (otosport.co.id) 

Tags : Teknologi Balap Injeksi,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Pengalaman Pembalap Gunakan Federal Oil SuperRacing

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
F1 Amerika
  02 Nov 2014 Circuit of The Americas
MotoGP Valencia
  09 Nov 2014 Ricardo Tormo-Valencia
F1 Brazil
  09 Nov 2014 Interlagos
F1 Abu Dhabi
  23 Nov 2014 Yas Marina

Forum Sport

Top