Rabu, 22 Oktober 2014 00:42 WIB

LAST UPDATE

OffRoad

Kamis, 27 September 2012 10:45 WIB

Kejurnas Speed Off-Road Serang, Berseteru dengan Debu


Penulis : Ben - Foto : Ben

Tak hanya rintangan dari lintasan yang menjadi tantangan. Peserta Kejurnas Seri 4 GT Radial Komodo Speed Offroad Championship 2012, di lintasan Tembong, Serang, Banten pun harus bertarung dengan pekatnya debu di sepanjang lintasan, sejauh 3,4 kilometer itu.

MENABRAK BERM
Sudah sejak seri awal di musim tahun ini, peserta Kejurnas Speed Off-road ini cukup membeludak. Mulai kelas bermesin besar, hingga kelas 1.000 cc. Dari segi pelaksanaan, penyelenggaranya tampak semakin membaik menjelang seri akhir.

Kali ini, seri 4 Kejurnas Speed Off-road yang dilaksanakan di Serang (sama seperti seri 2), kembali. "Sempat akan digunakan lintasan lainnya, setelah seri 3 di Semarang lalu. Beberapa sempat menawarkan tempat di Garut, Jabar, namun masih belum bisa sesuai dengan kebutuhan Speed Off-road," terang Dira Sulanjana Arifin, sebagai pelaksana.

Akhirnya, setelah libur puasa dan Hari Raya Idul Fitri, lintasan yang dekat dengan wisata air di Serang ini pun digunakan kembali. Kali ini, agak berbeda dibandingkan seri 2, ada beberapa jump yang dibuat lebih landai, agar peserta bisa melaju lebih cepat.

Hal ini mengantisipasi, ketidaknyamanan beberapa peserta di seri 2 yang menyatakan lintasan jadi tidak bisa dilalui dengan cepat jika gundukan tanah tersebut terlalu tinggi.


"Namun, tetap harus jeli memilih jalur, karena dilalui dengan lebih kencang, tetapi lintasannya agak membelok," ujar M Iqbal dari tim Volcano, Jabar. Di seri 2 Iqbal terpaksa jungkir balik dan tidak meneruskan lomba, di lokasi jump yang masih belum selandai sekarang.

Dengan semakin laju tunggangan, tentu trek berdebu itu pun menjadi semakin menghasilkan ‘kabut' debu yang menghalangi pandangan. Terutama ketika berada di belakang peserta lainnya.

"Dari segi pelaksanaan, lintasan ini sudah baik, namun ada tantangan tersendiri dengan lintasan dengan debu ini," tutur H Rio Teguh dari tim Anker Sport. Menurutnya, selain mengalahkan waktu yang dihasilkan lawan, paling berat adalah mengalahkan waktu dengan target sendiri, ditambah lintasan yang berdebu, maka semua akan berusaha melaju di depan.

Tetapi, walau di depan pun, dengan kendaraan yang kencang, meski sudah melaju, debu yang membumbung sebelumnya pun masih bisa menghalangi pandangan.

Terbukti ada beberapa peserta yang menabrak berm atau pinggir lintasan yang lebih tinggi dari trek, sehingga mobil pun terjungkal dan terguling. Seru dan berisiko tentunya. (otosport.co.id)

Hasil Lomba
Kelas G1.1
1. Andra Nazer/Arif K
2. Agan NONX/Hj Yuli Hasstex
3. Kiki Apeng/Murad

Kelas G1.2
1. Doni Koerdi/M Fariando
2. Cheppy Hidayat/Deni R
3. Yudi dakocan/iman

Kelas G1.3
1. M Aulia Rahman/Boy Marta
2. Herdyansyah/Iwan Ulang
3. Dwi Tjahjono/Bayu Pramandika

Kelas G1.4
1. H Denny Arief/Zulfiandi
2. H Irman/Deni Ugun
3. M Adrianus P Mokoginta/Candra K

Kelas G2.1
1. Leo firmanto/Ganjar Subekti
2. Hilman Geber/Togi
3. H Deden/Doko Koerdi

Kelas G2.2
1. Agok/Andi Rendy
2. Unggul Prakoso/Lanang D
3. Denny XIOC/Fadli

Kelas G2.3
1. H Tb Adhi/Adi Indarto
2. M Arif/Donny Wardono
3. H Gandi/Robby Emasemo

Kelas 3.1
1. Arkadia Prajatma/Regi
2. H Yusuf/Hendrik
3. Endang Gunawan/Dede Hermawan

Kelas 3.2
1. Eka Yudha/Federik Moeladi
2. Yoppi N/Rully M
3. Denny Nalendra/Leo Fatra

Kelas 3.3
1. H Rio Teguh/M Akil
2. Paul Banuara/Ade RAmadhan
3. Ricky Poon/Kusuma Bagja








Tags : OffRoad, Kejurnas Offroad,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Pengalaman Pembalap Gunakan Federal Oil SuperRacing

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
MotoGP Malaysia
  26 Okt 2014 Sepang
F1 Amerika
  02 Nov 2014 Circuit of The Americas
MotoGP Valencia
  09 Nov 2014 Ricardo Tormo-Valencia
F1 Brazil
  09 Nov 2014 Interlagos
F1 Abu Dhabi
  23 Nov 2014 Yas Marina

Forum Sport

Top