Rabu, 22 Oktober 2014 20:11 WIB

LAST UPDATE

F1

Minggu, 25 November 2012 05:05 WIB

Cuaca Bisa Tentukan Sang Juara Dunia di F1 Brazil!


Penulis : Uda - Foto : Ferrari

Masih ingat bagaimana Lewis Hamilton meraih titel juara dunia di Formula 1 Brazil tahun 2008 silam? Yup, pembalap asal Inggris itu meraih titel juara dunianya dengan hanya dengan selisih 1 poin dari Felipe Massa yang juara di seri terakhir saat itu. Ia finish di urutan 5 setelah Timo Glock melebar beberapa tikungan sebelum garis finish, karena hujan yang turun di 2 lap terakhir

Nah, kemungkinan yang sama bisa juga terjadi saat balapan di Formula 1 Brazil (25/11) besok. Sebastian Vettel yang sekarang masih unggul 13 poin dari Fernando Alonso di klasemen pembalap, bisa saja tersusul di klasemen akhir, jika kondisinya seperti yang terjadi pada tahun 2008 lalu. Meski simulasinya akan berlangsung berbeda, tapi diprediksi ini akan jadi tontonan seru.

Hitung-hitungannya sih masih sama seperti yang kami lakukan usai F1 Austin kemarin. Yaitu Alonso akan juara dunia, jika ia mampu finish di podium sedangkan Vettel gagal finish. Atau Alonso menang sedangkan Vettel finish tidak lebih baik dari posisi 5. Selain dari perhitungan di atas, sepertinya Vettel akan kembali meraih titel juara dunia musim ini.

Jika balapan berlangsung dalam kondisi normal, peluang Vettel meraih titel juara dunia memang sangat besar. Alonso yang start dari grid 8, bukanlah perkara yang mudah untuk bisa langsung menelusup ke urutan terdepan. Apalagi ia start di sisi sebelah dalam. Butuh keberuntungan yang besar, agar ia bisa finish di depan Vettel atau paling tidak finish podium.

Strategi Ferrari untuk membuat Alonso finish di depan Vettel juga tidak akan gampang. Pasalnya Felipe Massa yang merupakan pembalap kedua mereka, mungkin akan sangat berat mengalah di laga kandangnya. Belum lagi dominasi kuat duo pembalap tim McLaren yang sudah berlangsung sejak di sesi latihan 1.

Jadi, rasanya Hamilton sepertinya akan meraih kemenangan lagi, Alonso bisa podium dan Vettel akan juara dunia. Jika perubahan cuaca terjadi dengan cepat, maka untuk mengatakan Hamilton menang dan Vettel juara dunia, sepertinya belum tentu terjadi. Kita lihat saja nanti buktinya! (otosport.co.id)


Tags : Fernando Alonso, Alonso, Ferrari, Formula 1, F1, Formula 1 2012, F1 2012, Sebastian Vettel, Vettel,

Berita Terkait

sporttv

JW Player goes here

Pengalaman Pembalap Gunakan Federal Oil SuperRacing

VIDEO LAIN

sport image

RACE OF THE MONTH

 Seri Tanggal Sirkuit
MotoGP Malaysia
  26 Okt 2014 Sepang
F1 Amerika
  02 Nov 2014 Circuit of The Americas
MotoGP Valencia
  09 Nov 2014 Ricardo Tormo-Valencia
F1 Brazil
  09 Nov 2014 Interlagos
F1 Abu Dhabi
  23 Nov 2014 Yas Marina

Forum Sport

Top